sesuatu yang disebut langit

Tugas salah satu mata kuliah yang aneh-tapi menyenangkan

 

Sesuatu yang disebut langit bukan lagi menjadi sesuatu, melainkan wadah tak terhingga dan seluruh benda di alam semesta adalah isinya. Saya mengagumi keindahan langit karena misteri yang dimilikinya,

karena tidak tahu dimana batasnya dan apakah memang ada batasnya atau tidak.

Apa yang dilihat oleh manusia hanya berupa layar maya yang masih kaya akan sudut-sudut dan benda-benda asing yang tidak terjamah. Untuk menyibak layar itu rasanya dimensi manusia tidak memungkinkan.

Tidak ada yang tahu warna asli langit, sebab warnanya tidak stagnan. Manusia hanya mengetahuinya sebagai warna pagi, warna siang, warna sore, dan warna malam kemudian menamai mereka dengan warna-warna di alam. Warna-warna itu yang kemudian mengelabui adanya kekosongan yang infinity tak terjangkau oleh mata.

Mungkin sebenarnya langit mirip dengan kanvas. Warna yang ditampilkannya bukan keingininnya sendiri. Melainkan untuk itulah ia diciptakan, untuk memproyeksikan cahaya ke bumi dan menampung warnanya.

Kalau suatu hari saya mendapati langit tampak hitam atau putih saja pun rasanya sulit untuk berhenti mengaguminya, saya akan terus mengagumi kemisteriusan langit.

Langit menjadi sosok seseorang yang tidak kasat mata. Sesekali ketika sepi seseorang bisa menghadap langit dan melakukan percakapan dengannya, meskipun seakan-akan menjadi percakapan satu arah entah mengapa langit bisa meyakinkan bahwa ia sedang mendengarkan. Pertama kali saya menyadari keindahan langit ketika saya merasa ia menjawab saya. Bukan melalui pembicaraan verbal, melainkan berbicara melalui keindahannya.

Suatu hamparan membentang yang tak terhingga, namun di bumi kekuasaannya harus terputus oleh garis horizon. Sejauh mata memandang langit menjadi elemen estetis segala sesuatu yang menapak di bumi. Keindahan langit terpancar melalui dirinya yang bersimbiosis dengan segala benda yang dinaunginya..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s