untuk keempat sahabat sedari kecil yang tak akan membaca ini

untuk para sahabat sedari kecil, sesungguhnya ini yang ingin saya katakan pada kalian tiap kali kita bertemu yang hanya sekali setiap tahun. Tapi tidak pernah kesampaian karena pertemuan kita selalu dipenuhi cerita-cerita dari kalian yang benar-benar menarik, tidak seperti hidup saya yang selalu diam di tempat. Jadilah saya seringnya jadi pihak yang mendengar, sebenarnya bagus juga jadi pendengar kalau dipikir-pikir. Tapi seharusnya bakat pendengar harus dijadisatukan dengan bakat memberi saran. Dan saya buruk dalam memberi saran. Begitu pendapat salah satu teman saya yang sampai saat ini terus terngiang.

 

Untuk para sahabat sedari kecil, sudah banyak yang berubah terutama seperti apa kini sahabatmu ini (atau kalian bahkan tidak menganggap saya seperti itu)

Nama saya tetap seperti dulu, tapi sebenarnya saya berharap diberi nama seperti nama species bunga, atau nama laut, hutan, langit, cahaya, warna dalam bahasa lain. Mungkin dengan begitu hidup saya pun bisa lebih berbaur dengan alam, bisa lebih mengerti alam secara intim. Nama mungkin tidak berubah, wajah sudah pasti tidak berubah (saya masih tidak menarik seperti dulu dan tidak banyak laki-laki yang tertarik dengan gadis macam saya) oke, hal-hal itu tidak berubah.

Tapi cara saya memandang hidup sudah berubah.

Hobi saya berubah.

Tujuan hidup saya berubah.

Lagu kesukaan saya berubah.

Banyak hal yang berubah, namun yang saya takutkan kalian akan bosan mendengarnya sebab ekspresi yang saya dapatkan kalau saya cerita adalah ekspresi datar kalian, dan saya tidak mau dipandang seperti itu.

warna kesukaan saya kini dominan biru. Kalian mungkin mengingat warna yang saya sukai itu hijau karena itu yang saya katakan waktu SMP. Wah, kenapa dominan biru? Sebenarnya sekarang saya suka semua warna, kalau kalian melihatnya dalam satu kesatuan, warna-warna itu bagus sekali, tidak ada yang menonjol, melainkan semuanya saling memperlihatkan perbedaan masing-masing secara merata.

…..

Dan masih banyak lagi yang ingin saya beritahu pada kalian.

Leave a Reply

