“Kalau aku bisa mendeskripsikan bagaimana tepatnya perasaan yang aku rasakan, maka aku akan menggambar bulatan hitam berdiameter sepuluh sentimeter di area dadaku. Aku pun tidak mngerti, tapi seperti itulah aku menjalani hidup sehari-hari. Aku membawa serta rongga itu kemana-mana. Seakan-akan ia merupakan sebuah organ dan menjadi suatu kesatuan dengan sistem kerja tubuhku. Namun aku tahu apa sebenarnya rongga itu dan aku tak tahu persis bagaimana cara menutupnya, sudah lama ia terbuka, dan sudah terlalu lama aku biarkan ia berkembang menjadi lubang yang dalam.

Hidupku ini memang digerogoti kekosongan.

Aku memperhatikan bagaimana proses hidupku telah menciptakan sesosok manusia yang begitu normal. Sebagaimana aku dididik, dan hampir seluruh anak-anak di muka bumi ini dididik demikan, adanya stereotip yang kuat, pemikiran-pemikiran yang hanya melanjutkan pemikiran yang sebelumnya telah ada, bukannya mencoba untuk mendapatkan gagasan baru dari pandangan hidup seorang anak. Aku dibesarkan demikian, namun terkadang aku merasa berbeda. Sejak kecil aku merasakannya, bahwa sesuatu yang ‘sama’ itu membosankan. ”

“Dan rongga itu, rongga yang semakin besar itu, sebenarnya aku tak bisa menyangkalnya bahwa akulah penyebab rongga itu membesar. Akulah yang menimbun setiap rasa sakit dan kekosongan lalu menjejali lubang itu sehingga semakin dalam dan penuh. Orang-orang yang telah menyakitiku malah kuberi ijin untuk menggali lubang itu lebih dalam. Aku yang memberi ijin mereka untuk mendominasiku. Sebenarnya yang patut disalahkan atas diriku sendiri bukan siapapun. Bukan laki-laki itu, bukan perempuan itu, bukan orangtuaku, bukan teman-temanku, melainkan aku sendiri. Aku yang sudah membiarkan diriku memasuki zona gelap dalam hidupku”

Leave a Reply

