Hati

Kejadian ini sudah lama terjadi, mungkin 2 bulan yang lalu. Aku sedang duduk dan adikku yang duduk di seberangku, masih berumur 8 tahun, memainkan sebuah batu kristal biru berbentuk hati di tangannya. Mula-mulanya ia begitu asyik sehingga tidak menggubrisku. Jadi aku yang bertanya lebih dulu,

Apa itu? Kamu temukan dimana?”

Ini buat ka Icha saja” jawabnya seraya menyerahkan batu kristal itu padaku. Aku mengambilnya dan memperhatikannya. Ah, batu kristal yang bagus, sayang ada retakan di salah satu sisi hatinya, menyebabkan bentuk hati yang kurang simetris.

“Hai teman senasib” kataku dalam hati kepada batu hati yang retak itu.

“Hatiku persis seperti kamu. Bentuknya sudah berantakan malahan”

Jangan buat ka Icha. Buat Giora (nama teman adikku) saja. Perempuan senang diberi hadiah” aku mengembalikan hatinya.

Adikku tetap bersikeras, “Buat ka Icha saja, supaya bisa dikasih untuk ko C.

Ah, adikku menyebut namanya.

kan saya dan C sudah putus

Engga apa-apa, kasih saja, biar bisa bersama lagi

Mendengar jawabannya aku sedikit kaget, ternyata anak berusia 8 tahun sudah bisa berpikir demikian. Aku tidak ingin adikku yang masih kecil itu mengetahui bahwa suatu saat nanti, ketika seusia denganku, ada banyak hal-hal yang walaupun sudah diperjuangkan hasilnya tetap berbeda dengan yang  diinginkan. Dan aku harus tetap jujur.

Orang dewasa tidak mudah kembali seperti itu” kataku sambil tersenyum.

Lalu adikku pergi sambil balas tersenyum tidak mengerti.

Begitu sulitnya arti kata “kembali” didefinisikan dalam usiaku yang beranjak 19 tahun ini. Aku juga sebenarnya tidak tahu pasti.
Kembali itu sebenarnya apa? Apakah itu sebuah tuntutan? Apakah itu sebuah paksaan di luar kehendak diri sendiri?
Mengapa aku menginginkan ia untuk kembali?

***

Halo S.G, yang mungkin tidak akan pernah membaca ini, tiap hari aku  masih berharap, aku ingin kamu kembali. Tapi aku juga berusaha mengerti,

Kalau kamu pun bebas memilih.

Leave a Reply

