November, atau biasa dipanggil Noy, menatap ke langit hujan Januari. “Ternyata Januari bisa menangis juga” pikir Noy. Ia mengganti gaunnya dengan gaun putih katun yang berenda, terarak-arak diterpa angin dingin Januari.

Setiap titik hujan jatuh membasahi gaun itu lalu menyerap menjadi noda biru muda yang indah. Sedikit corak kelabu yang kasat mata ikut menghiasi di beberapa titik di gaun itu. Gaun itu kembali bergerak-gerak mengikuti alur angin menuju utara. Noy berputar-putar seraya menengadahkan tangannya ke kanan dan ke kiri. Ia melantunkan irama musik bosanova yang penuh dengan tiupan saxophone dan aransemen resital piano. Sedangkan tetes hujan yang menghantam tanah menjadi ketukan cepat, sehingga Noy menari tapi terlihat nyaris sedang melompat-lompat girang.

Noy mengesampingkan rambut panjangnya yang berwarna kuning keperakan, ia membungkuk, tulangnya menonjol di tengkuknya memperlihatnya tubuhnya yang kurus kering, ia mencabut sehelai dandelion dan ia selipkan dibalik telinganya. Ia mulai menengadah ke langit hujan. Tetes-tetes air hujan membasahi wajahnya seketika namun Noy tetap tersenyum.

“Ayo Januari, keluarkan seluruh perasaanmu. Kau sudah menampung kesedihanmu terlalu lama. Tumpahkanlah semuanya untukku.”

Dari kejauhan Januari, yang biasa di panggil Arya, melihat teman masa kecilnya itu menari dan melompat-lompat. Januari tersenyum kecil, tidak heran, seperti sudah sering melihat hal yang aneh itu.
Lagipula, sudah lama ia jatuh cinta pada sosok yang sedang menari-nari itu. Seluruh hatinya dan hidupnya sudah ia janjikan kepadanya. Januari mengambil ancang-ancang lalu berlari kencang ke arah Noy.

“Noy, aku ikut!”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s